Minggu, 26 Oktober 2014

Cara Buat Stempel Karet ( Stempel Pake' Bantalan )

Cara membuat stempel Sebenarnya sangat sederhana saya yakin setiap orang bisa membuatnya .
Langkah 1 ( Setting / Disain Stempel )
Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat disain stempel yang nanti akan kita buat stempel...
Gunakan Program Program disain grafis yang ada ( CorelDraw / PhotoShop ) selanjutnya disain yang sudah kita buat di cetak menggunakan kertas kalkir dg printer LaserJet, Tapi jangan kuatir apabila belum mempunyai komputer & printer kita bisa SETING disain stemp di Tempat-tempat yang membuka jasa seting..
Langkah 2 ( menempelkan Setingan/disain)
Setelah disain tercetak di Kertas Kalkir langkah selanjutnya Kita tempel disain ke Karet Runaflex (karet yg digunakan membuat stempel karet) dengan posisi terbalik.
langkah 3 (Menyinari Karet)
Langkah selanjutnya setelah disain ditempelkan di karet runaflek, kita lakukan proses penyinaran ( Penyinaran bisa langsung di sinari matahari atau disinari menggunakan lanpu UV) Lama penyinaran 10 sd 15 menit.
Langkah 4 (Proses Pembuatan)
Setelah kita anggap cukup proses penyinarannya (10 sd 15 menit) disain/setingan kita lepas dari karet runaflek, selanjutnya kita siapkan bensin secukupnya untuk kita gunakan menghancurkan karet Runaflek ( Teorinya adalah sifat dari karet runaflek apabila kena sinar dia akan mati/keras) sehingga begitu kita gosok karet dg bensin maka karet yang tertutup oleh film/setingan akan hancur. lakukan proses tersebut sampai kita anggap karet sudah terbetuk tulisan timbul. gunakan pengering rambut (hair dryer) untuk mengeringkan karet.
Langkah 5 (Proses ahir)
Setelah karet sudah benar benar kering kita lanjutkan untuk memotong karet sesuai dengan uk yg kita buat, selanjunya kita tempelkan karet ke busa tatakan (uk 0.2) dan selanjunya kita tempel ke gagang stempel ( Kayu, Kristal atau plastik)
Saya kita proses pembuatan stempel karet cukup mudah.. setiap orang bisa.. semoga bermanfaat bagi yang akan memulai usaha pembuatan stempel. Kalo kurang jelas bisa langsung Telp. 08122544250 atau lewat email mochlisridho@gmail.com.. Salam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar